Rabu, 07 Desember 2016

Perpustakaan UMSU Sepi dari Pengunjung


            Perpustakaan UMSU pada rabu (7/12) tampak sepi dari kunjungan mahasiwa dan mahasiswi.

            Mahasiswa/i UMSU tampaknya tidak memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak kampus, salah satunya perpustakaan. Perpustakaan tidak dijadikan sebagai sarana penting untuk membantu mendapatkan ilmu.

            Seperti yang terlihat pada rabu (7/12) siang sekitar pukul 13.10 WIB, pengunjung perpustakaan hanya beberapa orang saja. Hanya beberapa kursi yang diisi oleh pengunjung.

            Febiyola Damanik (18), Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi UMSU, mengaku bahwa, sejak dua jam yang lalu, hanya mereka yang menjadi pengunjung perpustakaan. “Kami udah dua jam disini, kak. Kami diskusi tentang makalah Bahasa Inggris. Kayaknya gak ada yang datang dari tadi. Kami juga cuma numpang ngadem. Gak minjem buku dari sini” tutur Febi.

       
Febi dan kawan-kawan saat diskusi diperpustakaan UMSU

            Tak jarang, perpustakaan hanya dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat ataupun hanya sekadar menghilangkan rasa panas. Mahasiswa lainnya yang terlihat sedang bermain Handphone pun tidak memiliki buku didepannya. Dia hanya fokus pada Handphone nya saja. “Aku ngga baca buku disini. Cuma mau pake WIFI aja” jelas Adrian (19), Mahasiwa Pertanian UMSU. “disini lebih enak, dingin, ngga bising” lanjutnya.

            Lorong-lorong rak buku perpustakaan juga tampak sepi. Hanya terlihat satyu mahasiswi saja yang sedang memilih milih buku untuk dipinjam. Menurutnya, penyebab sepi nya perpustakaan adalah karena mudahnya mendapatkan informasi apapun melalui internet. Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka informasi apapun dapat ditampilkan. Tidak perlu lagi untuk mencari sumber lain dari buku dan tak perlu repot untuk membacanya.

 
lorong-lorong perpustakaan UMSU tampak sepi dari pengunjung


            “Mungkin orang-orang ke perpus kalo lagi butuh aja. Misalnya bahan materinya harus diambil dari buku tertentu, baru pada datang ke sini. Kalo ngga, ya gini, sepi” kata Nanda (19), Mahasiswi Ilmu Komunikasi UMSU.

Nanda saat memilih buku yang ingin dipinjam

              Seharusnya, perpustakaan dijadikan sebagai sarana untuk membantu mencari bahan-bahan tugas, ataupun hanya untuk sekadar menambah ilmu pengetahuan. Sangat banyak manfaat yang didapatkan dari membaca. Buku-buku yang disediakan pihak UMSU pun tergolong banyak dan cukup membantu dalam mengerjakan tugas. Hanya saja, kesadaran dan budaya membaca belum melekat dihati dan pikiran mahasiswa. Cara kerja instan untuk mendapatkan informasi lebih menarik dibandingkan harus berlama-lama membaca buku yang belum tentu dapat langsung dipahami.

#UMSUCERDAS #KAMPUSFAVORIT


-dekpits-
            

1 komentar: